Rabu, 24 Agustus 2016

Subhanallah…!!! Barokah yang Ada pada Nasi. Bagaimana Nabi Saw. Menjelaskan ??? Wajar Jika Para Ulama Menganjurkan Memperbanyak Membaca Sholawat Saat Makan Nasi. Berikut Penjelasannya...

 
Setiap hari kita mengkonsumsi nasi, dan bahkan nasi adalah di jadikan Alloh untuk kita sebagai makanan pokok, namun jarang dari kita yang mengetahui dari apakah nasi di ciptakan Oleh Alloh…?. Ternyata nasi di ciptakan Alloh dari nur nabi muhamad saw. maka dari itu para ulama menganjurkan agar memperbanyak membaca sholawat saat makan nasi.

Dan kitapun  jarang yang mengetahui betapa Alloh telah memberikan barokah yang besar di dalamnya. Bahkan manfaatnya selain menjadi makanan pokok yang sangat di butuhkan oleh tubuh kita, ternyata nasi adalah berfungsi sebagai obat, dan yang menjadi ke unikan dari karunia Alloh di dalam nasi nasi tidak mengandung penyakit di dalamnya. Hal ini telah di sampaikan oleh para ulama, berikut penjelasanya:

Dalam kitab Syarah Sittina Mas alah oleh Al alamah Assyeih Ahmad Al mihi di jelaskan:

ويسنّ الاكثار عنداكله من الصلاة على النبي صلى اللّه عليه وسلّم لانّه كان جوهرا في الجنّة أودع اللّه فيه نور محمّد صلى اللّه عليه وسلّم فلما خرج منه النور المحمّدى تفتّت فخلق منه الارز.(ستّين مسئلة.ص ٦٨(

 artinya : Di sunnahkan perbanyak membaca sholawat kepada Nabi muhammad saw ketika makan nasi karena nasi itu adalah mutiara surga yang Alloh titipkan atau letakkan di dalam nya nur Nabi muhammad SAW maka ketika nur muhammadiy keluar maka mutiara itu pecah berkeping2 maka Alloh ciptakan nasi dr mutiara surga. (Sittina mas alah hal:64).

Nabi muhammad saw bahwa belau bersabda :

عن النبي  صلى اللّه عليه وسلّم أنه قال كلوا الارزّ فانّه بركة  

Dari nabi saw. sesungguhnya beliau bersabda:”Makanlah nasi kalian semua maka sesungguhnya nasi itu barokah.

Dan sayyidina. 'Aliy bin abi tholib pun berkata

عن على ابن ابي طالب كرّم اللّه وجهه انّ كلّ ما انبته الارض فيه دواء و داء الّا الارزّ فانّه شفاء لاداء فيه

Dari sayidina Ali bin abi tholib karomallohu wajhah:”Sesungguhnya setiap sesuatu yang tumbuh di bumi itu mengandung obat dan penyakit kecuali nasi bahwa sesungguhnya nasi mengandung obat dan tdk ada penyakit di dlmnya".

Dan dari keterangan di atas ternyata nasi ini di ciptakan oleh Alloh dr nur Nabi muhammad saw maka dari itu kita di sunnah kan membaca sholawat kpd Nabi mohammad SAW.

Hal senda juga di sebutkan dalam  kitab albajuri oleh  Al ‘alamah al fadhil Assyeih Ali bin qosim al bajuri di terangkan :

وتسنّ الصلاة على النبي صلى اللّه عليه وسلّم عند اكله لانّه خلق من نوره.(حاشيه الباجورى على ابن قاسم الغزى،الجزء الأول،ص ٢٦٤(

Artinya: Dan  di sunnahkan membaca sholawat kepada Nabi muhammad saw ketika memakan nasi karena nasi di ciptakan dari  nur Nabi muhammad Saw.

فان قيل ان الأشياء كلها خلقت من نوره اجيب بانه خلق من نوره بلاواسطة وكل الاشياء التى تنبت من الارض فيها داء ودواء الا الرز فان فيه دواء ولا داء فيه .(حاشيه الباجورى على ابن قاسم الغزى،الجزء الأول،ص ٢٦٤(

Artinya:” jika di tanyakan sesungguhnya setiap sesuatu itu di jadikan dari Nur nabi muhamad saw /. Maka di jawab:



sesungguhnya nasi di jadikan dari Nur nabi muhamad saw. dengan tanpa perantara, dan setiap sesuatu yang tumbuh dari bumi ada obat dan ada penyakit kecuali nasi, sesungguhnya di dalamnya nasi itu ada obat dan tidak ada penyakit di dalamnya (Bajuri juz: 1 hal: 264).

TAMBAHAN:
Tentang kandungan gizi yang ada pada nasi ada baiknya kalau kita baca penjelasan yang di sampaikan oleh pakar kesehatan berikut ini Informasi & Konsultasi Online Masalah Gizi dan Nutrisi oleh Dokter Spesialis Anak (klinikgizi.com).

Manfaat Nasi bagi kesehatan

-          Sumber energi. Nasi itu banyak mengandung karbohidrat yang bertindak sebagai bahan bakar bagi tubuh dan membantu dalam fungsi normal otak.


Bebas kolesterol. Makan nasi itu sangat baik bagi kesehatan, karena nasi tidak mengandung lemak yang berbahaya, yaitu kolesterol atau sodium. Nasi menjadi salah satu bagian dari diet yang seimbang.

  • Meningkatkan mood baik – Serotonin adalah senyawa yang menimbulkan perasaan senang pada otak, kandungan karbohidrat dapat mendongkraknya. Ini juga ditunjukkan pada penelitian, seseorang yang menjalani diet setiap hari dengan komsumsi 1/2 cangkir nasi atau selembar roti, sering mengalami depresi dan kegelisahan.
  • Kaya akan vitamin. Nasi itu banyak mengandung vitamin dan mineral misalnya niacin, vitamin D, kalsium, serat, zat besi, thiamine, dan riboflavin. 
  • Banyak mengandung resistant starch. Nasi banyak mengandung resistant starch, yang akan masuk ke dalam usus dalam bentuk yang belum dicerna. Itu akan membantu pertumbuhan bakteri-bakteri yang berguna di dalam usus. 
  • Mengurangi resiko tekanan darah tinggi. Nasi tidak banyak mengandung sodium, dan dianggap sebagai makanan terbaik untuk mereka yang menderita tekanan darah tinggi dan hypertensi. 
  • Mencegah kanker. Whole grain rice misalnya brown rice itu banyak mengandung serat insoluble yang mungkin bisa melindungi anda dari berbagai jenis kanker. Banyak peneliti yang percaya bahwa serat insoluble itu penting dalam melindungi tubuh dari cell-cell kanker.
  • Mengobati disentri. Bagian kulit ari dari nasi dianggap sebagai obat yang efektif untuk mengobati dysentery. Sekam padi yang berusia tiga bulan mengandung diuretic properties. Orang China percaya bahwa nasi dianggap meningkatkan selera, menyembuhkan sakit perut dan masalah pencernaan.
  • Merawat kulit. Para ahli medis mengatakan bahwa tepung padi bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit kulit. Di wilayah India, air beras digunakan oleh praktisi ayurvedic sebagai obat yang efektif untuk mendinginkan permukaan kulit yang terbakar.Mencegah Alzheimer’s Disease. Brown rice banyak mengandung neurotransmitter yang bisa mencegah Alzheimer’s disease.
  • Menguatkan jantung. Rice bran oil punya kemampuan antioxidant yang bisa menguatkan jantung dengan cara mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Mencegah konstipasi. Serat insoluble yang terdapat di nasi akan bertindak sebagai sponge lembut yang mendorong makanan untuk melewati usus dengan mudah dan cepat.
Sekian.. mudah-mudahan bermanfaat bagi kami pribadi khususnya dan masyarakat umum nya


http://www.klikmanfaat.com/2016/08/subhanallah-barokah-yang-ada-pada-nasi.html#

0 komentar:

Posting Komentar